Senin, 15 Desember 2014

Aku Mencintaimu


Judul: Aku Mencintaimu
Penulis: Irhayati Harun
Penerbit Salsabila, Al Kautsar
Cetakan Pertama: September, 2014
ISBN: 978-602-1695-15-9
Jumlah Halaman: 208

Sinopsis di belakang buku:
Pernikahan yang langgeng tidak dijamin oleh sebuah janji di atas kertas. Pernikahan abadi membutuhkan cinta, rasa menghargai, rasa percaya, saling memahami, persahabatan, ketulusan, dan kejujuran dalam menjalani hubungannya. Dalam perjalanannya, cinta kadang tergerus, terlupakan oleh rutinitas hidup sehari-hari yang kadang membosankan. Cinta yang dulu terasa hangat menghidupkan hati sepasang suami istri kadang meredup. Inilah saatnya kita berhenti sejenak. Bacalah buku ini. Ia akan mengingatkan kita kembali akan indahnya cinta yang pernah kita punya. Ini adalah muhasabah cinta bagi pasangan yang sedang dalam pernikahan, atau bahkan yang baru menikah dan ingin menikah. Sehingga cinta tidak akan hanya menjadi kenangan, tetapi menjadi energi menghidupkan jalinan hari-hari yang kita miliki bersamama suami/ istri.

Kamis, 11 Desember 2014

Menengok ke dalam Rumah 1000 Malaikat


Judul: Rumah Seribu Malaikat
Penulis: Yuli Badawi & Hermawan Aksan
Penerbit: Noura Books (PT Mizan Publika)
Tahun Terbit: Cetakan ke-1, Agustus 2014
Jumlah Halaman: xii+416
ISBN: 978-602-1306-48-2

“Barangsiapa yang ingin berdekatan dengan Allah, Allah itu berada di tengah-tengah kaum duafa.” (halaman 10).

Saat itu, Badawi sedang menunaikan ibadah haji, duduk bermunajat di depan Ka’bah. Melalui telepon, istrinya, Yuli, baru saja meminta izin agar mereka mengangkat seorang bayi terlantar sebagai anak kelima. Sebenarnya, sudah lama pasangan suami istri Yuli-Badawi menjadi orang tua asuh bagi puluhan anak, tapi bukan dengan mengangkatnya sebagai anak. Apalagi anak itu masih bayi, masih membutuhkan pengasuhan 24 jam. Badawi khawatir, kesehatan istrinya semakin menurun karena Yuli mengidap asma dan sering masuk rumah sakit. Setelah meminta petunjuk kepada Allah, Badawi pun mengiyakan permintaan istrinya.

Sabtu, 06 Desember 2014

Sabtu Bersama Bapak


Judul: Sabtu Bersama Bapak
Penulis: Adhitya Mulya
Penerbit: Gagas Media
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, 2014
Jumlah Halaman: x+278
ISBN: 979-780-721-5

Bapak, apa yang terlintas di benak kita setiap mendengar kata itu? Sesosok lelaki berwibawa dengan suara berat yang sekali berbicara dapat membuat anak-anak bersembunyi ketakutan?  Bapak adalah pencari nafkah utama di dalam keluarga, sehingga kehadirannya di sisi anak-anak lebih sedikit daripada Ibu. Apalagi jika Bapak sangat sibuk dan sering pulang malam. Anak-anak hanya memiliki waktu penuh bersama Bapak di hari Sabtu dan Minggu, itupun jika Bapak tidak ada acara lain. Padahal, kehadiran Bapak di sisi anak-anak sama pentingnya dengan Ibu. Bagi anak laki-laki, Bapak mengajari konsep kepemimpinan, keberanian, dan tanggung jawab.

Rabu, 03 Desember 2014

Sayap-Sayap Sakinah


Judul: Sayap-Sayap Sakinah
Penulis: Afifah Afra dan Riawani Elyta
Penerbit: Indiva
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, Ramadhan 1435 H/ Juli 2014
Jumlah Halaman: 248
ISBN: 978-602-1614-22-8

Saya akan membuka review ini dengan puisi karya Afifah Afra di halaman depan buku ini:

Kita adalah sepasang sayap
Diciptakan-Nya tuk mengangkasa
Susuri hidup penuh dinamika
Beri aku kuatmu saat ku lelah
Kuberi akasku saat kau lemah
Beri aku sinarmu saat ku redup
Kuberi hangatku saat kau kuyup

Senin, 01 Desember 2014

Learning to Love


Judul: Learning to Love
Penulis: Eni Martini
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: Oktober, 2014
Jumlah Halaman: 184
ISBN: 978-602-03-0988-0

“Sesuatu yang tidak cocok bukan dipaksakan untuk menjadi cocok, tapi dipahami agar saling mengisi.” (halaman 13)

Dijodohkan? Anak muda zaman sekarang akan langsung antipati mendengar kata itu. Seakan-akan perjodohan hanya berlaku bagi pemuda-pemudi di zaman Sitti Nurbaya. Apalagi perjodohan Sitti Nurbaya membawa penderitaan, membuat para pemuda sudah berprasangka buruk terhadap orangtua bila mereka hendak menjodohkan anak-anaknya.

Love Splash


Judul: Love Splash
Penulis: Amelia
Penerbit: Teen Noura
Tahun Terbit: Cetakan I, Oktober 2014
Jumlah Halaman: 264
ISBN: 978-602-1306-20-8

Sinopsis di belakang buku:
Jika mencintai seseorang, kau harus jadi air, 70% zat yang ada dalam tubuhnya.
Natt benci air, tetapi dia ke Bangkok saat Festival Songkran berlangsung. Dia harus menemukan “harta karun” demi masa depannya. Jadi, Natt terpaksa memakai jas hujan sepanjang hari. Kris cinta Songkran. Saat melihat Natt memakai jas hujan, Kriss jadi kesal. Mana ada orang yang datang ke festival air, tetapi tidak mau basah? Mereka bertemu di Khao San. Saat semua orang datang dengan pistol air. Saat semua orang rela disiram air yang dingin. Saat semua orang larut dalam kegembiraan. Namun, saat itu pula pertama kalinya Natt menangis di hadapan orang asing… dan pertama kalinya Kris harus memahami kenapa seorang gadis menangis di hadapannya.

Selasa, 25 November 2014

Menjadi Djo, Sebuah Novel Inspiratif tentang Menjadi Indonesia


Judul: Menjadi Djo
Penulis: Dyah Rinni
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, Mei 2014
Jumlah Halaman: 290
ISBN: 978-602-03-04447-2

Rupanya rezim segregasi (pemisahan) rasial tiga tingkat yang dilakukan oleh Penjajah Belanda di Indonesia pada masa kolonial, hingga kini masih terasa dampaknya. Kala itu, penduduk Indonesia dipisah berdasarkan rasnya. Ras kelas pertama diduduki oleh kaum Europanean (orang Eropa, kulit putih), ras kelas kedua diduduki oleh kaum Vreemde Osterlingen (Timur Asing) yang meliputi Tionghoa, Arab, India, maupun non-Eropa lain, dan ras kelas ketiga diduduki oleh kaum Inlander (Pribumi), yaitu penduduk asli Indonesia.

Minggu, 23 November 2014

Kaliluna, Luka di Salamanca


Judul: Kaliluna, Luka di Salamanca
Penulis: Ruwi Meita
Penerbit: Moka
Tahun Terbit: 2014
Jumlah Halaman: iv+270
ISBN: 979-795-854-X

Kali ini Ruwi Meita membawa kita ke Salamanca, sebuah kota di Spanyol, dengan membuka ceritanya menggunakan beberapa baris puisi karya Pablo Neruda, Soneta XXIII:

Cuantas veces, amor, tea me sin verte y tal vez sin recuerdo, sir reconer tu Mirada, sin mirarte, centaura
Acap kali, kekasih, aku mencintaimu tanpa melihatmu, bahkan tanpa kenangan, tanpa mengenali tatapanmu, tanpa menatapmu, centaur (manusia setengah kuda). (halaman iii)

Jumat, 21 November 2014

A Miracle of Touch: Sentuhan yang Bikin Ser-seran

foto: dok. pribadi

Judul: A Miracle of Touch
Penulis: Riawani Elyta
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2013
Jumlah Halaman: 240
ISBN: 978-979-22-9949-6

Bagaimana rasanya jika kamu seorang perempuan matang yang bekerja di negara lain dan terancam di-PHK bila tidak segera menjadi penghuni tetap (Permanent Resident), dan salah satu jalannya adalah menikah dengan lelaki yang berasal dari negara tersebut? Lalu, seorang temanmu menjodohkanmu dengan lelaki yang kebetulan juga sedang butuh istri untuk mendapatkan harta warisan ayahnya, dan lelaki itu mirip Hritrik Roshan? Aaaaghhhh! Siapa yang nolak? Emang lagi butuh suami eh dijodohinnya sama laki-laki yang mirip aktor Bollywood pula!

Senin, 17 November 2014

HijUPreneur: Berhijab dan Berkarya Tanpa Batas


Judul: HijUPreneur
Penulis: Diajeng Lestari
Penerbit: Qultum Media
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, Maret 2013
Jumlah Halaman: viii + 100
ISBN: 979-017-248-7

Hijab, dulu disebut jilbab. Lalu, entah bagaimana (saya tidak mengikuti sejarahnya) penyebutan itu berubah menjadi Hijab. Para pemakai hijab pun disebut dengan hijabers. Tak semua orang suka hijabers, walaupun perubahan itu cukup positif jika dibandingkan saat saya masih remaja dulu, pemakai hijab hanya sedikit. Bahkan, ketika saya pertama kali memakai hijab di kelas 2 SMA, ada teman yang mengolok-olok dan menyebut saya “ninja.” Jadi, kemunculan hijabers di masa kini dengan busana muslimahnya yang fashionable selayaknya diberikan apresasi positif, terlepas dari masih adanya kekurangan cara berhijab yang barangkali tidak berkenan di kalangan pemakai hijab “syar’i.” Setidaknya, para hijabers yang modis itu sudah berproses menutup aurat dibandingkan dengan yang belum.

Minggu, 16 November 2014

Cinta Emang Bego


Judul: Cinta Emang Bego: Meski Nggak Mapan yang Penting Tampan
Penulis: Nikma. TS
Penerbit: Moka
Tahun Terbit: 2014
Jumlah Halaman: iv + 176
ISBN: 979-795-826-4

Sinopsis:
Kuberi tahu kamu soal Febri, cowok yang gantengnya bisa bikin artis Korea langsung ingin  operasi plastik lagi. Aku tergila-gila padanya. Peduli setan sohibku naksir lagi. Aku nggak peduli status gebetanku di sekolah, nggak peduli mamaku mencak-mencak, nggak peduli brownies buatanku hangus demi cinta. Bahkan ketika gebetanku diam-diam punya rahasia, aku juga ggak peduli. Kamu pikir cintaku bego? Emang! Kamu baru tahu?

Jumat, 14 November 2014

A Cup of Tarapuccino


Judul: A Cup of Tarapuccino; Secangkir Cinta, Rindu, dan Harapan
Penulis: Riawani Elyta dan Rika Y. Sari
Penerbit: Indiva Media Kreasi
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, April 2013
Jumlah Halaman: 304
ISBN: 978-602-8277-88-4

Lelaki itu memiliki rambut ikal yang tampaknya memang sengaja dibiarkan panjang, hingga dari kejauhan tampak seperti ada gelombang hitam yang menutupi kepalanya. Rahangnya ditumbuhi cambang cukup lebat yang berbaris hingga dagu. Kumis tipis tak beraturan di antara hidungnya yang mancung dan bibirnya yang tipis dan kebiruan. Juga sepasang mata dengan bola mata hitam yang dominan. Cukup tampan sebenarnya, tetapi terkesan kumal dan tak acuh.

Senin, 10 November 2014

Pilkadal di Negeri Dongeng


Judul: Pilkadal di Negeri Dongeng
Penulis: Tundjungsari
Penerbit: Afra Publishing, Kelompok Penerbit Indiva Media Kreasi
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, September 2007
Jumlah Halaman: 168
ISBN: 978-979-1397-07-0

Ketika melihat kover dan judulnya, saya pikir ini buku nonfiksi. Pengemasannya kurang mencerminkan sebuah novel. Bagaimana saya tahu ini novel? Tentunya dari endorsement di kover bukunya, dari novelis ternama, Afifah Afra:

Minggu, 02 November 2014

Women of Heaven: Menjadi Wanita yang Dirindu Surga

Judul: Women of Heaven: Menjadi Wanita yang Dirindu Surga
Penulis: Evi Ni'matuzzakiyah
Penerbit: Pro U Media, 2008
Jumlah Halaman: 164
ISBN: 979-1273-28-6

Membaca judul buku ini, rasanya begitu ingin segera mengetahui bagaimana caranya menjadi wanita yang dirindu surga. Bayangkan, dirindui oleh surga berarti kedatangan kita dinantikan oleh tempat pulang yang sangat indah itu. 

"Islam membawa revolusi paling besar dengan memberikan martabat terhormat untuk wanita. Ia adalah sosok terhormat dengan hak-hak sangat istimewa, satu hal yang tidak pernah dinikmati oleh wanita lain di luar Islam." (halaman 15)

Jumat, 31 Oktober 2014

Untuk Muslimah yang Tak Pernah Lelah Berdakwah

Judul: Untuk Muslimah yang Tak Pernah Lelah Berdakwah
Penullis: Rochma Yulika dan Umar Hidayat
Penerbit: Uswah, Pro U Media
Tahun Terbit: 2009
Jumlah Halaman: 148
ISBN: 979-8143-07-8

"Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah..." (QS; Ali Imran 3: 110)

Wajibkah seorang muslimah berdakwah?

Rabu, 29 Oktober 2014

Maryamah Karpov


Judul: Maryamah Karpov
Penulis: Andrea Hirata
Penerbit: Bentang Pustaka
Tahun Terbit: Cetakan Ketiga, Desember 2008
Jumlah Halaman: xii + 504
ISBN: 978-979-1227-45-2

“Jika dulu aku tak menegakkan sumpah untuk sekolah setinggi-tingginya demi martabat ayahmu, aku dapat melihat diriku dengan terang sore ini: sedang berdiri dengan tubuh hitam kumal, yang kelihatan hanya mataku, memegang sekop menghadapi gunungan timah, mengumpulkan napas, menghela tenaga, mencedokinya dari pukul delapan pagi sampai magrib, menggantikan tugas ayahku, yang dulu menggantikan tugas ayahnya. Aku menolak semua itu! Aku menolak perlakuan buruk nasib kepada ayahku dan kepada kaumku. Kini Tuhanku telah memeluk mimpiku. Atas nama harkat dan kaumku, martabat ayahku, kurasakan dalam aliran darahku saat nasib membuktikan sifatnya yang hakiki bahwa ia akan memihak kepada para pemberani.”

Senin, 27 Oktober 2014

Married Because of Allah


Menikah di Usia Muda, Makin Kaya Makin Berkah

Judul: Married Because of Allah
Penulis: Anugrah Roby Syahputra
Penerbit: Noura Books (PT Mizan Publika)
Tahun Terbit: Cetakan I, Mei 2014
Jumlah Halaman: xi + 310
ISBN: 978-602-1306-22-2

“Buku ini mengingatkan pada nasihat guru saya saat di pesantren, “siapa yang ingin menikmati dunia dan seisinya, menikahlah…!” --@fikrihabibullah

Sabtu, 25 Oktober 2014

Persiden


Judul: Persiden
Penulis: Wisran Hadi
Penerbit: Bentang Pustaka
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, Mei 2013
Jumlah Halaman: xvi + 380
ISBN: 978-602-8811-39-2

Tertarik membeli buku ini karena label yang tertulis di kovernya: Novel Unggulan DKJ 2010. Ceritanya, saya mau belajar menulis novel sastra, walaupun saya tahu kebanyakan novel genre sastra sulit dicerna oleh otak saya. Ternyata benar. Saya tak sanggup menyelesaikan membaca novel ini, karena baru sampai bagian 3 setelah bukunya berbulan-bulan lalu saya beli dengan harga obral. Ah, sayang sekali, padahal baru setahun terbit, sudah diobral. Setelah dibeli pun, saya sulit membacanya. Sebagai penulis, saya lebih suka jika novel yang saya tulis bisa selesai dibaca dalam beberapa jam saja.

Jumat, 24 Oktober 2014

Blogger Cinta Indonesia


Judul: Blogger Cinta Indonesia
Penulis: Hastira Soekardi, dkk
Penerbit: Sixmidad
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, Agustus 2014
Jumlah Halaman: 120
ISBN: 978-602-705-067-9

Jika saja saya tidak pernah bergaul dengan blogger dan mengikuti giveaway blogger, barangkali saya tidak bisa membuat pembuka untuk ulasan buku ini. Ya, buku kumpulan tulisan blogger yang bertema “Cinta Indonesia” ini adalah karya para pemenang giveaway Pakde Cholik, blogger senior, khususnya di komunitas Warung Blogger. Setahu saya, Pakde Cholik (Abdul Cholik) sering membuat giveaway blogger, saya pernah mengikuti mengikuti salah satunya juga. Beliau juga rajin membukukan beberapa tulisan pemenang giveaway, termasuk tulisan-tulisan di dalam buku ini. Saya mendapatkan buku ini juga dari hadiah giveaway yang diadakan oleh Irowati, salah satu blogger yang menyumbangkan tulisannya di dalam buku ini.

Kamis, 23 Oktober 2014

Remember Dhaka


Judul: Remember Dhaka
Penulis: Dy Lunaly
Penerbit: Bentang Pustaka
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, Januari 2013
Jumlah Halaman: viii + 204
ISBN: 978-602-9397-64-2

Sebelum membeli novel ini, saya sudah mencaritahu apakah ini novel yang bagus? Bukan apa-apa, nama penulisnya baru saya denger, saya kan nggak mau salah beli juga. Takut nggak kebaca nanti. Genrenya yang teenlit saja sudah bikin saya mikir panjang, berhubung sekarang saya udah nggak remaja. Tapi, saya penasaran kayak apa novel remaja zaman sekarang? Berdasarkan komentar orang-orang, novel ini cukup bagus karena mengangkat isu sosial. Wuiih… jadi penasaraan….

Senin, 20 Oktober 2014

Agar Dicintai Suami Layaknya Sayyida Khadijah


Judul: Agar Dicintai Suami Layaknya Sayyida Khadijah
Penulis: Vina Sjarif dan Mugniar
Penerbit: Qibla, imprint PT. Bhuana Ilmu Populer
Tahun Terbit: 2014
Jumlah Halaman: 93
ISBN: 978-602-249-699-1

Dalam sebuah riwayat, Aisyah ra mengisahkan, “Rasulullah SAW hampir tidak pernah keluar rumah tanpa menyebut dan memuji Khadijah ra. Hal itu membuatku cemburu. Kukatakan, ‘Bukankah ia hanya seorang perempuan tua dan engkau telah diberi pengganti yang lebih baik daripadanya?’ Mendengar itu, beliau murka hingga bergetar bagian depan rambutnya. Beliau katakan, “Tidak. Demi Allah, aku tidak pernah mendapat pengganti yang lebih baik daripada Khadijah ra….” (halaman 15)

Minggu, 19 Oktober 2014

Haji Backpacker 2: Rp 12 Juta Naik Haji


Judul: Haji Backpacker 2, 12 Juta Naik Haji
Penulis: H. Aguk Irawan MN
Penerbit: Edelweiss
Tahun Terbit: Cetakan I, Desember 2010
Jumlah halaman: 268
ISBN: 978-602-8672-19-1

Gara-gara buku Haji Backpacker difilmkan, saya jadi membaca ulang buku ini. Sudah lama saya mendapatkan buku ini dari hadiah giveaway di blog, tapi belum selesai dibaca karena bagian openingnya agak kurang mengundang untuk membacanya. Apalagi pas suami saya yang sudah membacanya sebagian, bilang, “ah, itu sih (cara naik hajinya) cuma bisa untuk mahasiswa aja.” Setelah membaca buku ini, baru saya mengerti kenapa suami ngomong begitu.

Jumat, 17 Oktober 2014

Zizi, Saksi Bulan Madu


Judul: Zizi, Saksi Bulan Madu
Penulis: Lusiwulan
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: November, 2009
Jumlah Halaman: 152
ISBN: 978-979-22-5092-3

Beberapa kali melihat novel ini di obralan, tapi baru kemarin dicomot gara-gara nggak ada novel lain yang menarik. Nggak apa-apa deh karena harganya cuman 10 ribu. Membaca novel ini mengingatkan akan gaya menulis saya sewaktu baru menjadi penulis: banyak dialog, ringan sekali, dan banyak adegan klisenya. Di novel inilah, untuk yang ketiga kalinya saya menemukan adegan cowok-cewek terpaksa harus satu kamar hotel, karena kejadian di luar dugaan! Saya nggak tahu penulis mana yang terinpirasi atau menginspirasi, yang pasti adegan terpaksa satu kamar hotel itu juga ada di novel Seven Days (Rhein Fathia) dan The Mint Heart (Ayuwidya). Barangkali mereka terinspirasi Zizi dan Rafa, karena novel ini lebih dulu terbit, tapi entah ya kalau nanti saya membaca novel romance lain yang ada adegan terpaksa satu kamar hotel di novel yang lebih dulu terbit dari Zizi!

Ai, Cinta Tak Pernah Lelah Menanti


Judul: AI, Cinta Tak Pernah Lelah Menanti
Penulis: Winna Efendi
Penerbit: Gagas Media
Tahun Terbit: Cetakan kesembilan, 2013
Jumlah Halaman: vi+282
ISBN: 9797806863

Sei:
Aku mencintai Ai. Tidak tahu sejak kapan—mungkin sejak pertama kali dia menggenggam tanganku—aku tidak tahu mengapa, dan aku tidak tahu bagaimana. Aku hanya mencintainya, dengan caraku sendiri.

Rabu, 15 Oktober 2014

Winter Dreams


Judul: Winter Dreams, Perjalanan Semusim Ilusi
Penulis: Maggie Tiojakin
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2010
Jumlah Halaman: 295
ISBN: 978-979-22-7812-5

“Profesi ini bisa membuatmu gila. Kau mungkin harus menulis selama bertahun-tahun sebelum karyamu dianggap layak untuk diterbitkan. Mungkin karyamu takkan pernah dianggap layak oleh masyarakat, aku tak tahu. Tapi kau harus terus mencoba. Jangan cari ketenaran. Jangan cari pembenaran. Jangan cari apa-apa kecuali kepuasan diri. Do the best that you can. Be as honest as you can. Dan terus asah kemampuanmu. Tidak ada yang instan tentang profesi ini. You have to earn it the hard way.” (halaman 232)

Jumat, 10 Oktober 2014

Satin Merah


Judul: Satin Merah (Aku Hanya Ingin Menjadi Signifikan)
Penulis: Brahmanto Anindito & Rie Yanti
Penerbit: Gagas Media
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, 2010
Jumlah Halaman: xiv + 314
ISBN: 978-979-780-443-5

“Satin merah. Sastra-sastra yang ditulis dengan tinta merah, alias darah. Semua pengarang yang gayanya ditiru telah almarhum, beberapa saat  sebelum karya-karya itu dipublikasikan Lotus dan blogger nggak jelas bernama Lina I.” (halaman 272).

Sabtu, 04 Oktober 2014

Rumah Lebah: Novel Thriller Psikologi


Judul: Rumah Lebah
Penulis: Ruwi Meita
Penerbit: Gagas Media
Tahun Terbit: Cetakan pertama, 2008
Jumlah halaman: x + 286
ISBN: 979-780-228-0

Saya tak tahu kalau novel ini termasuk genre thriller. Saya mengenal penulisnya, Ruwi Meita, di facebook. Tahu-tahu saja saya sudah berteman dengannya, tanpa ingat kapan mengkonfirmasi pertemanan. Ternyata dia penulis yang sudah cukup berpengalaman. Sering menjuarai lomba menulis bergengsi. Saya jadi penasaran ingin tahu gaya menulisnya. Saya menemukan buku ini dijual di sebuah toko online dan dengan serta merta membelinya. Begitu saya baca sinopsisnya, astagaa! Sepertinya ini novel horor! Sejujurnya, saya orang yang penakut.

Selasa, 30 September 2014

Memori


Judul: Memori
Penulis: Windry Ramadhina
Penerbit: Gagas Media
Tahun Terbit: Mei, 2012
Jumlah Halaman: 312
ISBN: 978979805623

Setelah Interlude, saya jadi jatuh cinta sama karya Windry. Gaya bahasanya memikat dan membuat ingin terus membaca. Saya baru baca tiga bukunya: London, Interlude, dan Memori. Untuk London, perkecualian ya, karena saya baru jatuh cinta setelah halaman terakhir. Yap, penuturannya lambat banget sehingga malas membacanya. Berbeda dengan Interlude dan Memori yang hanya membutuhkan beberapa jam saja untuk bisa selesai di halaman terakhir.

Interlude


Judul: Interlude
Penulis: Windry Ramadhina
Penerbit: Gagas Media
Tahun Terbit: 2014
Jumlah Halaman: viii + 371
ISBN: 979-780-722-3

Sejujurnya, saya tenggelam dalam rangkaian kata yang disajikan oleh Windry Ramadhina di novelnya ini. Berbeda dengan novel London yang selesai dibaca dalam beberapa bulan, Interlude hanya saya selesaikan dalam semalam. Ah, apakah novel ini begitu bagusnya sehingga cepat selesai dibaca? Tunggu dulu.

Jumat, 26 September 2014

Serunya Puasa Ramadhan di Luar Negeri



Judul: Serunya Puasa Ramadhan di Luar Negeri
Penyusun: Leyla Hana
Penulis: Dang Aji, Ary Nur Azizah, Mell Shaliha, Arista Devi, Nyi Penengah Dewanti, Nessa Kartia, Vita Dayoo, Deasy Rosalina, Atik HW, Annisah Rasbell, Awy’ A Qolawun, Anizma Ridho, Ibnu Alwan Ahmad, Ima Nurhikmah, Himmah Mahmudah, Julie Nava, Jasmine Hanniraya, Taschan, Elly Romdliyana, Fitria Heny, Yessi Anggraini
Penerbit: Qibla, imprint dari BIP
Tahun Terbit: Juli, 2014
Jumlah Halaman: xii + 161
ISBN: 978-602-249-653-3

Rabu, 24 September 2014

Cintai Aku Meski Kutak Sempurna

Sumber: Indiva

Judul: Cintai Aku Meski Kutak Sempurna
Penulis: Ali bin Nayif asy-Syuhud, Muhammad Nabil Kadzim
Penerbit: Indiva, Sakina
Tahun terbit: Cetakan Pertama, Oktober 2013
Jumlah Halaman: 264
ISBN: 978-602-8277-05-1

Pernikahan adalah mahligai yang diimpikan oleh para jomblo, tetapi benarkah ikatan itu seindah impian? Jika iya, mengapa belakangan ini kita banyak mendengar kasus-kasus perceraian yang dilakukan oleh public figure? Sementara di berita-berita kriminal pun tak kalah hebohnya: istri membunuh suami, suami memutilasi istri, istri berselingkuh dengan suami tetangganya, suami sering “jajan” di luar? Mengapa keindahan pernikahan terasa hanya sekejap saja?

Selasa, 23 September 2014

Beautiful Temptation


Judul: Beautiful Temptation
Penulis: Indah Hanaco
Penerbit: Bentang Pustaka
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, September 2013
Jumlah halaman: vi + 274
ISBN: 978-602-7888-71-5

“Menikahlah denganku, Rena….,” ucap Tristan dengan tatapan mata sayunya kepadaku. (halaman 19)
“Kamu mau menemaniku saat ini. Itu hadiah luar biasa yang tidak pernah kuduga.” (halaman 41)
“Aneh? Kamu sangat cantik sampai aku tidak mengenalimu,” katanya lembut. (halaman 96)

Senin, 22 September 2014

Amore: Postcard from Neverland


Judul: Postcard from Neverland
Penulis: Rina Suryakusuma
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: Agustus 2010
Jumlah Halaman: 280 halaman
ISBN: 978-979-22-5698-7

Sinopsis:
Hidup identik dengan kesulitan. Paling tidak, itulah yang dialami Ami Siswoyo. Gadis cantik, single, muda, tapi dari keluarga kurang mampu. Ami terpaksa putus kuliah di tengah jalan, bekerja sebagai pelayan kafe, dilecehkan dan ditawar-tawar seperti barang. Sampai pada suatu kesempatan, Ami bekerja sebagai pelayan di tempat Joshua Leinard, ekspatriat. Keduanya jatuh cinta, dengan perbedaan usia yang amat jauh (23 tahun), plus status Joshua yang duda beranak satu, sanggupkah mereka melewati halangan dan rintangan yang menghadang?

Minggu, 14 September 2014

Nomadic Heart: Mengambil Hikmah dari Setiap Perjalanan


Judul: Nomadic Heart
Penulis: Ariy
Penerbit: B-First (imprint Bentang Pustaka)
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, Februari 2013
Jumlah halaman: xiv + 174
ISBN: 978-602-8864-72-5

“Kau bisa meninggalkan masa lalu, berlari jauh darinya. Atau, kau bisa memasukkan masa lalumu ke dalam kotak besi baja, menguncinya, membuang kotak itu ke palung laut terdalam, dan melontarkan kuncinya ke belahan dunia lain. Tetapi, bisa apa kau pada masa lalu yang mengalir di pembuluh darahmu?”

Selasa, 09 September 2014

The Mint Heart


Judul: The Mint Heart
Penulis: Ayuwidya
Penerbit: Bentang Pustaka
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, Maret 2013
Jumlah halaman:  x+326 halaman
ISBN: 978-602-7888-21-0

Blurb:
Mencintaimu seperti menikmati seporsi mint ice cream. Kebekuan hatimu, dingin menyentuhku. Tak cukup satu sendok untuk merasamu. Butir pahit yang melebur di dalamnya justru membuatku menyendok lagi, dan lagi….

Jumat, 05 September 2014

TwiRies: The Freaky Twins Diaries, Diary si Kembar


Judul: TwiRies, The Freaky Twins Diaries
Penulis: Eva Sri Rahayu dan Evi Sri Rezeki
Penerbit: de TEENS
Tahun Terbit: Mei 2014
Jumlah Halaman: 303 halaman
ISBN: 978-602-255-577-3

Bagaimana rasanya menjadi anak kembar? Apakah mereka memiliki perasaan yang sama? Apakah mereka harus jatuh cinta kepada orang yang sama? Apakah mereka memiliki golongan darah yang sama?

Berbagai pertanyaan kerap mendatangi para anak kembar di seluruh dunia, karena keunikan mereka. Dalam satu kawasan, belum tentu ada anak kembar karena mereka itu memang makhluk yang langka. Tak heran jika banyak orang tua yang sangat ingin memiliki anak kembar, dan tentu saja itu bukan hal yang mudah. Buku “TwiRies: The Freaky Twins Diaries” berisi kisah pengalaman kedua penulisnya: Eva Sri Rahayu dan Evi Sri Rezeki yang merupakan anak kembar.

London: Angel


Judul: London, Angel
Penulis: Windry Ramadhina
Penerbit: Gagas Media
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, 2013
Jumlah Halaman: x + 330 halaman
ISBN: 979-780-653-7

Ini adalah kisah seorang pemuda yang berjuang mengejar cinta seorang gadis hingga ke kota London, Inggris. Kota romantis yang menjadi destinasi impian para pecinta itu, adalah tema utama dari novel ini. Yap, penulis memang sedang mengeksplorasi kota London dengan menciptakan sebuah cerita cinta antara Gilang dan Ning, sepasang sahabat yang berpisah karena Ning melanjutkan mimpinya ke London.

Rabu, 03 September 2014

Persona Non Grata


Judul: Persona Non Grata
Penulis: Riawani Elyta
Penerbit: GIZONE, Kelompok Penerbit Indiva Media Kreasi
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, Desember 2011
Jumlah halaman: 256 hal
ISBN: 978-602-8277-50-1

“Persona Non Grata. Pernah dengar istilah ini, Sayang? Mereka yang terbuang. Yang tak diinginkan saat jati diri mereka yang sesungguhnya justru mulai terkuak ke permukaan.” (halaman 162)

Ada hubungan apa antara Dean Pramudya dengan seorang gadis lusuh yang hilang ingatan dan ditampung di Yayasan Pelita, tempat penampungan sementara bagi orang-orang yang memiliki permasalahan sosial? Novel cetakan pertama yang kini sudah direpublish dengan judul “Jasmine” (membuat bertanya-tanya apakah nama Sarah diganti menjadi Jasmine? Karena di cetakan pertama ini tak ada nama Jasmine), cukup memberikan sedikit informasi mengenai dunia kejahatan cyber dan prostitusi.

Senin, 11 Agustus 2014

Senandung Cinta di Lembah Papua


Judul: Senandung Cinta di Lembah Papua
Penulis: Pujia Achmad
Penerbit: Quanta, Elex Media
Tahun Terbit: Jakarta, 2014
Jumlah Halaman: IV + 240
ISBN: 978-602-02-3897-5

Papua adalah surga emas, tetapi kekayaan alamnya yang luar biasa besar tak dapat memenuhi hajat hidup rakyat Papua karena lebih banyak dikuasai asing. Pedalaman Papua adalah tempat di mana keterbatasan meraja. Rakyat Papua terbiasa hidup apa-adanya, bahkan listrik pun diusahakan sendiri tanpa bergantung kepada pemerintah. Dakwah, siapa yang mau membaktikan diri berdakwah ke Papua? Meninggalkan kehidupan nyaman di kota untuk kehidupan serba terbatas di tanah yang sering dilanda perang antar suku itu?

Kamis, 26 Juni 2014

Takhta Awan: (Akhir Kisah) Pangeran Muslim Mongolia?


Judul: Takhta Awan
Penulis: Sinta Yudisia
Penerbit: Lingkar Pena Kreativa
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, Mei 2011
Jumlah Halaman: 572 hlm; 20,5 cm.
ISBN: 978-602-885-139-8

Setelah membaca The Road to Empire, tentunya dilanjutkan dengan membaca Tahta Awan. Kebanyakan novel sejarah memang tidak bisa tipis halamannya, karena ada banyak kisah dan konflik. Takudar berhasil merebut tahta Arghun Khan dan memenjarakan adiknya di penjara terkejam, Bayarkhuu, tapi Takudar masih sering membesuk adiknya itu. Kelompok muslim berpendapat, sikap Takudar itu salah. Mestinya Takudar menghukum mati Arghun, karena bisa jadi kelak Arghun membalas dendam. Takudar, sang kaisar yang lemah lembut, tak bisa bersikap kejam. Bahkan, pejabat-pejabat kekaisaran Arghun pun masih ada yang dipekerjakan, belakangan hal itu memang menjadi bumerang. Mereka adalah Urjagal, Inalchuk, Yejugai, dan Jebei kelak akan mengadakan konspirasi pembunuhan Takudar dan mengembalikan Arghun Khan ke tahtanya.

The Road to The Empire: Kisah Pangeran Muslim Mongolia


Judul: The Road to The Empire
Penulis: Sinta Yudisia
Penerbit: PT. Lingkar Pena Kreativa
Tahun Terbit: Cetakan pertama, Desember 2008
Jumlah Halaman: 586 hal; 20,5 cm.
ISBN: 979-1367-59-2

Sinopsis: Takudar, Arghun. Buzun, adalah tiga putra Tugluq Timur Khan, penguasa kekaisaran Mongolia, keturunan Jenghiz Khan. Setelah pembunuhan terhadap Kaisar dan permaisurinya, Takudar, Pangeran Kesatu, pewaris sah tahta kekaisaran, menghilang. Arghun Khan, Pangeran Kedua menjadi Kaisar dengan penuh konspirasi atas bantuan Albuqa Khan, orang kepercayaannya. Dan Buzun, Pangeran Ketiga, tetap mengabdi di kekaisaran dengan memelihara rindu dan ingin tahu ke mana hilangnya Takudar.

Bercinta di Taman Surga


Judul: Bercinta di Taman Surga
Penulis: M. Muttaqwiati
Penerbit: Indiva Media Kreasi
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, September 2007
Jumlah Halaman: 104 halaman; 20, 5 cm
ISBN: 978-979-15953-7-7

Maukah kita dipertemukan kembali dengan suami atau istri kita di surga? Bagi yang mencintai pasangannya dengan sungguh-sungguh, tentu penawaran itu sangat menarik. Kita tidak hanya bisa bersatu di dunia, tapi juga di surga. Masalahnya, sekarang ini, jangankan ketemu di surga, menikah di dunia saja tidak berlangsung lama. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh adik ipar saya di pengadilan negeri Garut, Jawa Barat, tentang tingkat perceraian di Garut, jumlah perceraian semakin meningkat dan lebih banyak si penggugat itu berasal dari pihak istri. Wow!

Prince of Korea: Ketika Logika Tak Mengurung Imajinasi


Judul: Prince of Korea
Penulis: Deasylawati P
Penerbit: Afra Publishing
Tahun Terbit: Cetakan Ketiga, Desember 2012
Jumlah Halaman: 160; 20,5 cm
ISBN: 978-602-8277-43-3

Sinopsis: Tak pernah terpikir oleh Pangeran Joon Sejong bahwa kenekatannya keluar dari istana membawa dampak luar biasa. Semula ia hanya iseng karena bosan dengan peraturan istana, juga sekadar mengerjai gurunya, Han Baek Yong. Siapa sangka sejak itu hidupnya berubah. Bukan hanya harus menyamar menjadi Jae Hyun, ikut bekerja di restoran kebun bersama teman-teman baru yang aneh, calon kaisar itu juga bertemu dengan gadis manis ceria, Yeo Jin, yang membuat hatinya terasa hangat. Namun, justru kenekatannya kabur dari istana, sebuah misteri terungkap dan kebenaran seterang mentari.

Kamis, 19 Juni 2014

De Liefde: Fiksi Berlatar Sejarah


Judul: De Liefde, Memoar Sekar Prembajoen
Penerbit: Afra Publishing (Imprint Penerbit Indiva)
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, Januari 2010
Jumlah  Halaman: 454 Halaman
ISBN: 602-8277-16-9

Sinopsis:
Tak mudah menjalani pembuangan di negeri asing, meskipun negeri itu adalah negeri Belanda! Sekar Prembajoen tertatih-tatih menyusuri kehidupan yang jauh dari dugaannya. Termasuk harus berurusan dengan Roesmini Van De Brand. Tak mudah untuk tetap mempertahankan semangat juang, di saat badai menerpa dari segala penjuru. Membuat idealism seperti barang tertawaan. Seperti yang dialami oleh Everdine Kareen Spinoza, pengacara yang memperjuangkan nasib kliennya, Rinnah Van De Brand. Sekar dan Everdine di tengah perjuangannya melawan sistem hukum yang tak berpihak pada kaum inlander, harus pula memperjuangkan arti sebuah kesetiaan.

Sayap Cahaya: Kumcer Sanie B Kuncoro


Judul: Sayap Cahaya
Penulis: Sanie B. Kuncoro
Penerbit: Elex Media Komputindo
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, 2012
Jumlah Halaman: viii + 233
ISBN: 978-602-00-1589-7

Sinopsis:
Dinamika problematik perempuan dengan keluarganya. Persoalan sehari-hari yang melibatkan perempuan dengan ayah atau ibunya ataupuk konflik mertua dan menantu. Beberapa mengungkap kegamangan menghadapi kehidupan dan kecenderungan perempuan mengambil alih persoalan menjadi bagian dirinya. Cerpen-cerpen ini mengungkapkan dirinya dengan personal, seolah tak mengambil jarak dengan pembaca. Dengan bahasa yang lembut hal-hal sederhana tampil sebagai kisah yang menyentuh hati dan menetap lama di benak. Semua cerita ini pernah dimuat di majalah Femina, Sekar, Kartini, tabloid Nyata, dan Koran Jawa Pos.

Mom and Me: Duet Pipiet Senja dan Adzimattinur Siregar


Judul: Mom and Me
Penulis: Pipiet Senja dan Adzimattinur Siregar
Penerbit: Indiva  Media Kreasi
Tahun terbit: Cetakan Pertama, Agustus 2007
Jumlah halaman: 208; 20,5 cm
ISBN: 978-979-1397-04-X

“Bingung cara curhat sama ibu kamu? Bingung cara ngungkapin semuanya sama ibu kamu? Gak usah bingung, simak aja buku terbaru curhatan Butet dan ibunda tercinta, Pipiet Senja. Ditanggung asyik buat disimak. Mom & Me memang renyah dan penuh gizi.” (Fahri Azisa, Penulis Skenario OB-RCTI)

Senin, 09 Juni 2014

Rahasia Belajar Lulusan Terbaik Bard High School


Judul: Rahasia Belajar Lulusan Terbaik Bard High School Sekolah Khusus yang Didanai oleh Bill Gates
Penyusun: Hartadinata Harianto
Penerbit: Puspa Swara
Tahun Terbit: Cetakan I, 2013
Jumlah Halaman: ix+102
ISBN: 978-602-8454-681
                            
Hartadinata Hartanto saat ini sedang kuliah semester 5 di Stony Brook Universtiy, New York, Amerika Serikat di saat teman sebayanya masih menyelesaikan SMA. Masa SMA di AS yang normalnya 4 tahun, ditempuh hanya dalam 2 tahun saja di Bard High School Early College, sekolah khusus percepatan dan favorit di New York. Harta, demikian nama panggilannya, mendapatkan beasiswa penuh dari Yayasan Bill dan Melinda Gates, dengan menyisihkan 6-8 ribu siswa cerdas lainnya. Di universitasnya sekarang, Harta mengambil dua jurusan program studi. Bagaimana dia bisa memiliki prestasi akademis yang luar biasa? Dia membaginya di dalam buku ini.

Jumat, 06 Juni 2014

Si Ratu Akting

Sumber: www.kutukutubuku.com

Judul: Ten Things I Hate About Me (Si Ratu Akting)
Penulis: Randa Abdel Fattah
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: Juli, 2012
Jumlah Halaman: 312
ISBN: 978-979-22-8697-7

Blurb:                                     
Siapa aku? Jamie atau Jamilah?
Di sekolah, aku Jamie, cewek Australia biasa berambut pirang dan bermata (eh lensa kontak) biru. Berbaur dengan anak-anak lain. Menyaru.
Di rumah, aku Jamilah. Aku muslim keturunan Lebanon generasi kedua dengan ayah yang superkolot, sampai-sampai rasanya aku hidup pada zaman batu. Tapi, tak seorang pun di sekolah tahu, dan aku tak ingin teman-temanku

Rabu, 04 Juni 2014

Eleanor dan Park


Judul: Eleanor & Park
Penulis: Rainbow Rowell
Penerbit: Phoenix, Ufuk Publishing House
Tahun Terbit: Cetakan 1, November 2013
ISBN: 978-602-7689-497

The New York Time Bestseller & Buku Fiksi Terbaik Boston Globe Book Award 2013

Membaca label di atas yang tertera di atas kovernya, membuat saya berpikir barangkali ini buku yang bagus. Akan tetapi, saya belum juga tergerak untuk membacanya karena melihat kover bukunya yang tidak menarik, serta blurb di kover belakang. Saya ragu novel ini akan menarik.

Minggu, 11 Mei 2014

Ramuan Drama Cinta


Judul: Ramuan Drama Cinta
Penulis: Clara Ng
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: Juni, 2011
Jumlah Halaman: 272
ISBN: 978-979-22-7198-0

Bagian kedua dari Trilogi keluarga penyihir Raya ini lebih lucu daripada bagian pertama. Kali ini, dua penyihir jahat: Aura dan Gus, menyebarkan butiran sihir kepada Samudra dan Zea sehingga keduanya jatuh cinta. Samudra, lelaki setengah baya yang sudah 10 tahun ditinggal mati oleh istrinya, mendadak jatuh cinta kepada Aura, gadis seusia anak keduanya, Oriza. Bahkan, Aura ini musuh besar Oriza, terutama dalam memperebutkan Xander, tunangan Oriza. Tak disangka, Aura juga jatuh cinta kepada Samudra, dan hendak membantu Strawberry, sahabatnya, dalam merebut cinta Xander.