Jumat, 11 Oktober 2013

Membentangkan Surga di Rahim Bunda

credit
Judul: Membentangkan Surga di Rahim Bunda
Penulis: dr. Prita Kusumaningsih, SpOg
Penerbit: Qultum Media, 2011
Halaman: 192
Harga: Rp 59.000

"Seorang ibu akan melahirkan insan-insa pembangun suatu generasi sekaligus sekolah pertama bagi generasi itu. Karenanya, tak  berlebihan apabila dikatakan bahwa ibu yang berakhlak baik dan sehat, akan melahirkan generasi berakhlak baik dan sehat pula. Nah, buku ini merangkum semua panduan yang diperlukan untuk para ibu dan calon ibu agar dapat membentangkan surga untuk janin yang ada di dalam rahimnya." (DR. dr. Siti Fadilah Supari, SpJP, Menkes Periode 2004-2009)


Bagi Anda yang akan menikah, baru menikah, dan sedang merencakana kehadiran anak, saya anjurkan untuk membaca buku ini. Buku yang ditulis oleh Dokter Kandungan, dr. Prita K, SpOg ini cukup lengkap memberikan panduan kehamilan dan kelahiran, bukan hanya dari sisi medis melainkan juga dari sisi agama. Ternyata, untuk mendapatkan anak yang saleh bukan hanya dilakukan setelah anak itu lahir, melainkan juga sejak di dalam kandungan. 

Tak seperti banyak buku sejenis yang hanya mengulas dari sisi medis, Dr. Prita juga menekankan dari sisi spiritual. Di dalam Bab 2 yang berjudul "Didiklah Anakmu Sedari Dini," dr.Prita menekankan perlunya mendidik anak sejak ia berupa janin di dalam rahim bunda. Lho, apa bisa ya mendidik bayi yang masih di dalam kandungan? Beberapa penelitian yang dilakukan ilmuwan dalam bidang perkembangan pralahir menunjukkan bahwa selama berada dala rahim, anak dapat belajar, merasa, dan mengetahui perbedaan antara gelap dan terang. Semakin tua umur kandungan, indera anak sudah potensial menerima stimulasi dan sensasi dari dalam rahim (halaman 7).

Buku ini memuat panduan dalam menghadapi kehamilan dari mulai Trimester Pertama sampai Ketiga, yang tak hanya berisi teori melainkan juga gambar-gambar pendukung, misalnya gambar saat melakukan senam punggung untuk ibu hamil. Ada banyak tips-tips yang bermanfaat untuk mengatasi gangguan kehamilan seperti mengidam, wasir, gangguan kulit, dan sebagainya. 

Yang uniknya lagi, ada pembahasan mengenai Mitos atau Fakta? Di masyarakat, banyak berkembang mitos-mitos seputar kehamilan, seperti: ibu hamil tak boleh menyusui, tak boleh minum es, tak boleh naik pesawat, dan sebagainya. Dr. Prita menjelaskan dari segi medis mengenai fakta  yang sebenarnya. 

Dari segi spiritual, dr.Prita memasukkan doa dan zikir semasa hamil dan menjelang melahirkan. Wajib dibaca oleh para ibu hamil agar kehamilannya berkah, janinnya sehat dan selamat, ibunya pun tenang. Ada doa agar kelahiran dipermudah serta menjaga bayi dari godaan setan. Buku ditutup dengan Petunjuk Berpuasa bagi Ibu Hamil dan Menyusui.

Perlu diketahui bahwa kehamilan dan melahirkan adalah jihadnya seorang ibu, makanya hendaknya ibu menjalaninya dengan ikhlas, tenang, dan yakin bahwa pengorbanannya akan mendapatkan pahala berlimpah.  


2 komentar:

  1. Pengen punya buku ini. Kira-kira di gramed masih ada ndak ya mbak, lagi nyiapin buat anak ke 3 nih ^^

    BalasHapus
  2. wahhh.. jadi pengen baca buku ini juga. thanks infonya mbak :-)

    BalasHapus