Selasa, 18 Maret 2014

Menanti Cinta yang Sempurna untuk Dua Orang yang tak Sempurna


Judul: Menanti Cinta
Penulis: Adam Aksara
Penerbit: Mozaik Indie Publishers
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, Februari 2014
Jumlah halaman: viii+221 halaman
Ukuran buku: 13 x 19 cm
ISBN: 978-602-14972-3-4

Alex, seorang dosen Kimia di sebuah Universitas, terkena polio sejak kecil sehingga kedua kakinya lumpuh dan hanya bisa beraktivitas di atas kursi roda. Claire, seorang mahasiswi keperawatan, salah satu murid Alex yang terlahir dari rahim seorang pelacur dan bahkan dijual oleh ibunya kepada bosnya, Markus. Mereka adalah dua orang yang tak sempurna untuk sebuah cinta yang sempurna.


Adam Aksara, nama ini baru pertama kalinya saya dengar di jagad kepenulisan. Tak ada biodata penulis di bagian belakang buku, membuat saya semakin penasaran terhadap sosoknya. Ini buku pertamanya yang saya baca. Diterbitkan oleh Mozaik Indie Publishers, sebuah penerbit indie, membuat saya tidak banyak berekspektasi terhadap novel ini. Sebab, sebagaimana lazimnya terdengar, menerbitkan buku indie itu berarti tanpa melalui seleksi editor dan penerbit. Semua naskah dapat diterbitkan. Bisa jadi naskah tersebut bagus, tapi yang namanya tidak memakai proses seleksi, naskah buruk pun bisa terbit.

Apakah naskah ini buruk? Secara cerita, novel ini cukup lumayan. Tidak ada typo atau salah ketik. Struktur kalimatnya pun rapi. Penulis terlihat sudah cukup sering menulis. Penuturan dengan Pov 1 tidak membuat saya bosan, karena penulis menceritakan dengan lugas, lancar, tidak berbelit-belit, dan kalimat yang tertata dengan baik.

Alex jatuh cinta kepada Claire setelah melihat gadis itu terlihat sendirian dan kesepian. Diam-diam, Alex membantu Claire melalui berbagai cara. Membuka perpustakaan hingga malam agar Claire bisa berteduh di dalamnya, membeli restoran Burger milik Markus, memenjarakan Markus yang sudah mencoba memperkosa Claire, memberikan beasiswa agar Claire bisa tetap kuliah, bahkan sampai memberikan pekerjaan kepada Claire di rumahnya, agar gadis itu bisa terlepas dari kejahatan ibu dan ayah tirinya. Claire pun jatuh cinta kepada Alex dan mereka  berencana menikah. Sayangnya, tiba-tiba datang Jean, dokter yang membantu kelahiran Claire. Jean mengajak Claire untuk menjadi perawat sukarela sehingga Claire harus menunda pernikahannya dengan Alex hingga lima tahun. Lima tahun kemudian, apakah Alex dan Claire benar-benar bertemu di pelaminan?

Saya bisa menikmati membaca novel ini dalam waktu satu hari (diselingi aktivitas lain, tentunya), yang menandakan bahwa novel ini tidak membosankan. Kisah Claire cukup menggugah, di mana kemalangan-kemalangan hidupnya teratasi setelah dicintai oleh Alex. Alex pun mencintai tanpa pamrih, karena dia takut mengutarakan isi hatinya kepada Claire. Dia takut ditolak oleh Claire, sampai Claire sendiri yang mendesaknya hingga berani menyatakan cinta.

Sayangnya, saya tidak mendapatkan gambaran yang jelas mengenai latar tempat kejadian cerita ini. Di negara mana? Di kota mana? Walaupun sebenarnya tak sedikit novel yang tidak menyebutkan dengan jelas settingnya, tapi kekurangan ini membuat saya sedikit terganggu. Kualitas pencetakan sudah bagus, hanya saja pada halaman 3-10, kertasnya terlepas dari buku. Saya sudah mendapatkan penjelasan dari penerbitnya, bahwa itu diakibatkan oleh penyettingan yang salah pada percetakan dan untuk cetakan selanjutnya, sudah diperbaiki. Jadi, jangan khawatir bagi Anda yang tertarik untuk membelinya.

“Cinta tak pernah membebani. Ia meringankan orang yang memilikinya dan dicintainya.” (halaman 207)

 Novel ini  bisa didapatkan di website penerbitnya: Mozaik Indie Publisher




3 komentar:

  1. saya juga berpikir demikian mbak,http://sutonosuto.blogspot.com/2014_03_01_archive.html

    BalasHapus
  2. aku pernah baca nama dia di GRI setelah ada anak BBI yang ngomong, ternyata pernah nulis novel setebal 700 an halaman. glek banget, hehe. :D untuk novel ini bahasanya lugas, cuma emang seperti kata mba Leyla, settingnya kurang detail. apa ini kisah nyata ya? :-?

    BalasHapus
  3. Aku kelewat mendapatkan buku ini secara gratis :D

    BalasHapus