Jumat, 24 Oktober 2014

Blogger Cinta Indonesia


Judul: Blogger Cinta Indonesia
Penulis: Hastira Soekardi, dkk
Penerbit: Sixmidad
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, Agustus 2014
Jumlah Halaman: 120
ISBN: 978-602-705-067-9

Jika saja saya tidak pernah bergaul dengan blogger dan mengikuti giveaway blogger, barangkali saya tidak bisa membuat pembuka untuk ulasan buku ini. Ya, buku kumpulan tulisan blogger yang bertema “Cinta Indonesia” ini adalah karya para pemenang giveaway Pakde Cholik, blogger senior, khususnya di komunitas Warung Blogger. Setahu saya, Pakde Cholik (Abdul Cholik) sering membuat giveaway blogger, saya pernah mengikuti mengikuti salah satunya juga. Beliau juga rajin membukukan beberapa tulisan pemenang giveaway, termasuk tulisan-tulisan di dalam buku ini. Saya mendapatkan buku ini juga dari hadiah giveaway yang diadakan oleh Irowati, salah satu blogger yang menyumbangkan tulisannya di dalam buku ini.


Cinta Indonesia, semudah dikatakan tapi tidak mudah dilakukan. Coba tengok ke dalam diri kita sendiri, apakah kita sudah mencintai Indonesia atau terpaku pada kebesaran negara lain? Apakah kita lebih banyak protes terhadap keadaan negeri ini atau melakukan sesuatu untuk memajukan negeri ini? Itulah inti dari tulisan-tulisan para blogger. Blogger, alias penulis blog, juga memiliki kontribusi dalam memajukan negeri ini melalui tulisan-tulisan mereka yang menginspirasi. Di era digital, masyarakat modern justru lebih senang mengakses informasi di internet ketimbang media cetak. Jadi, tulisan blogger pun bisa menjadi media kampanye yang efektif.

Ada 12 penulis yang tulisannya dimuat di dalam buku ini. beberapa diantaranya sudah saya kenal, yaitu: Indah Nuria Savitri (blogger yang sering blogwalking ke blog saya), Grace Melia (blogger yang terkenal di komunitas Emak-emak blogger dengan Rumah Ramah Rubellanya), Irowati (blogger yang memberikan buku ini kepada saya), Muna Sungkar dan Harie Khairiah (teman blogger di komunitas Emak-emak blogger). Saya mengenal mereka, selain karena bergabung di komunitas  yang sama, juga karena saya pernah mengikuti giveaway yang mereka adakan. Jadi, itulah gunanya  giveaway blogger, untuk memperat silaturahim antara sesama blogger. Walaupun hadiahnya tak besar, kita bisa saling mengenal di antara blogger-blogger.

Ke-12 penulis menceritakan kecintaan mereka kepada Indonesia berdasarkan versinya masing-masing. Hastira Soekardi yang hobi menari, mengajak pembaca agar mencintai seni tari Indonesia yang beraneka ragam. Grace Melia, seorang ibu yang peduli pada masalah Rubella dan kesehatan anak-anak Indonesia, karena pengalaman putri sulungnya yang menderita gangguan kesehatan akibat rubella. Sukadi Brotoatmodjo yang mewujudkan rasa cintanya kepada Indonesia dengan bangga menggunakan bahasa Ibu, walaupun bahasa ibunya itu adalah Jawa “Ngapak” asal Banyumas yang terdengar aneh. Muna Sungkar, seorang Mom Traveller, saking cintanya kepada Indonesia, dia amat terobsesi ingin menjelajahi seluruh wilayah Indonesia bersama putri semata wayangnya.

Tentu saja, cerita yang menarik pula datang dari Mbak Irowati yang memberikan buku ini kepada saya.  Cukup hal sederhana untuk mewujudkan rasa cinta kepada Indonesia, contohnya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Tak cukup di situ, Mbak Irowati juga memanfaatkan sampah dengan mendaurulang menjadi barang-barang bagus, seperti souvenir yang saya terima ini. Luar biasa, ketelatenannya dalam memanfaatkan sampah. Sampah-sampah itu bisa dijual kembali karena bentuknya menjadi cantik.

Bagaimana dengan saya? Semoga saya juga tidak ketinggalan untuk mewujudkan rasa cinta kepada Indonesia.
















1 komentar:

  1. Terimakasih banyak atas reviewnya mbak Leyla... semoga bukunya selalu memberi semangat kpd kita untuk selalu berbuat sesuatu yg berguna, tdk sj utk kita, tp jg untuk keluarga, masyarakat & negara yg kt cintai ini ya mbak...

    BalasHapus