Sabtu, 05 Oktober 2013

Friendship Never Ends

credit
Judul: Friendship Never Ends
Penulis: Santi Artanti
Penerbit: Quanta, Elex Media. 2012
Halaman: 108
Harga: Rp 24.800

Setiap orang pasti memiliki sahabat. Bahkan, Rasulullah Saw juga memiliki sahabat yang mendukung perjuangannya menegakkan agama Islam. Bila melihat perjuangan Rasulullah, para sahabat yang mendampinginya adalah orang-orang yang senantiasa bersamanya dalam susah dan senang, bahkan rela memikul penderitaan yang melebihi penderitaan Rasulullah. Begitulah memang, arti seorang sahabat. Apabila kita tak memiliki seorang sahabat pun, dijamin kita pasti kesepian.


Di dalam dunia remaja, arti sahabat menjadi sedemikian penting (selain cinta) karena remaja suka berkoloni, berkumpul, dan kongko-kongko. Santi Artanti menuliskan tentang dunia persahabatan (yang sebenarnya tak terbatas untuk remaja) di dalam buku ini dengan bahasa yang ringan, renyah, khas remaja (karena itulah buku ini lebih tepat untuk remaja). 

Hubungan persahabatan tak selalu mulus, kan? Ada kalanya kita kesal kepada sahabat kita, bahkan tak jarang yang memutuskan hubungan O-oow... padahal, ya tak perlu begitu juga. Buku ini akan mengupas semua hal tentang persahabatan: arti sahabat, pentingnya bersahabat yang ditunjukkan oleh dalil-dalil di dalam Al Quran dan Hadits, cara bersahabat, mencari sahabat yang baik, mengatasi konflik dalam bersahabat, dan lain-lain. Intinya, pembaca bisa mendapatkan tips-tips bersahabat yang oke, sehingga persahabatan tak hanya membuat hidup lebih ceria, juga meraih ridho Allah.

Santi Artanti juga menyisipkan kisah-kisah persahabatan yang indah, yang bisa membuat kita berkaca, bagaimana sebaiknya menjalin persahabatan dengan seseorang. Contohnya kisah persahabatan Emy dan Dita. Emy divonis mengidap penyakit Lupus. Hari-harinya dicekam kesedihan. Untunglah ada Dita, sahabatnya yang setia, yang selalu mendampinginya mendapatkan semangat hidup. Emy pun mulai bisa menerima takdirnya dengan sabar dan ikhlas. 

Sahabat adalah lentera saat mata kehilangan sinar
Sahabat adalah penyangga saat kaki terasa rapuh
Sahabat adalah suara saat mulut tak dapat berkata
Sahabat adalah tempat kita berbagi suka dan duka 
(Santi Artanti)

1 komentar: